Thursday, April 14, 2011

IPOMS-APICS Re: Fwd: Buruh Kita di Perusahaan Jepang

 

Saya pun sangat prihatin dengan etos kerja sebagian besar buruh kita.
Perusahaan sudah memberikan Gaji/ Upah yang lebih tinggi dari pada UMR tertinggi yang berlaku di Indonesia, Hak cuti di berikan semua (Cuti Tahunan, Cuti Haid, Cuti Menikah, dll), THR di berikan dengan skema Progresif (semakin lama masa kerja semakin besar THR yang di berikan), Pekerja di lengkapi dengan Full Insurance, Alat keselamatan lengkap, setiap ada peristiwa Duka atau Gembira ada santunan dari Perusahaan, pesangon, pensiun, uang jasa dan Hak2 pekerja Lain nya di berikan sesuai dengan UU yang berlaku bahkan ada kasus tertentu di berikan lebih tinggi,............Tapi.............Klaim brg rusak tinggi, produktifitas rendah, semangat kerja rendah, loyalitas rendah....bisa nya cuman menuntut,menuntut dan menuntut, mengancam, mengancam dan mengancam....

Tapi ini semua juga di sebabkan karena Organisasi buruh (K*sb*) kita yang tidak mengarahkan anggotanya untuk mematuhi Aturan yang ada, terutama pengurus2 wilayah nya...parah.
Kesan nya seperti Preman....kalau sudah menuntut sesuatu harus di turuti tidak ada negosiasi yang baik, tidak melihat aturan yang berlaku, malahan mengajak anggotanya untuk demo, mogok kerja, bahkan sampai merusak aset perusahaan.

Selain itu hal ini juga karena masih banyak Buruh kita yang tertindas, bukan karena Perusahaan asing tapi karena perusahaan milik orang indonesia sendiri, banyak yang Gaji/ Upah masih di bawah UMR bahkan jauh di bawah UMR terendah seindonesia, banyak yang tidak mendapat hak cuti, banyak yang di akalin jam kerjanya, banyak yang di PHK tanpa pesangon, banyak yang tidak di lindungi oleh Asuransi, dan permasalahan lainnya.

ini seperti dua mata pedang, baik pengusaha maupun buruh harus bisa mengerti kewajiban dan hak masing. kalo semua Hak sudah di berikan maka semua kewajiban juga harus dilakukan sebaik2 nya.

Seandainya bisa seperti Jepang, bahkan seorang Direktur pun ketika sampai di perusahaan langsung berganti baju Wearpak, siap turun kelapangan, tidak gengsi apalagi taku kotor.

salam


__._,_.___
Recent Activity:
*************************************************************

Mohon bantuannya untuk mengisi survei daya saing Indonesia di

http://www.ips.or.kr/site/IPS/mail/survey/20110120/26.html

*****************************************************************

Indonesian Production and  Operations Management Society (IPOMS).

http://blog.ipoms.web.id/

Bergabunglah dengan IPOMS di Facebook

http://www.facebook.com/home.php?ref=home#/group.php?gid=34994473375


********************************************************************
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___

No comments: